Contoh Explanation Text Tentang Global Warming dan Rainbow Terbaru

Contoh explanation text tentang Global warming dan Rainbow - dalam artikel sebelumnya kita telah membahas pengertian explanation text berserta beberapa contohnya. Nah kali ini saya akan mencoba berbagi artikel bahasa Inggris tentang Global warming dan artikel tentang pelangi (rainbow) dengan menggunakan teks explanation. Pada dasarnya ada banyak sekali topik dari contoh teks explanation. Intinya dalam explanation text kita dituntut untuk menjelaskan proses terjadinya suatu kegiatan atau peristiwa. misalnya explanation text about tsunami, explanation text about tornado, explanation text about aurora about earthquake dan masih banyak sekali. Silakan dipelajari sendiri ya.  

Contoh Explanation Text Tentang Global Warming dan Rainbow
Contoh explanation text Global Warming

Contoh Explanation Text about Global Warming

Pada dasarnya contoh explanation text tentang global warming sama seperti artikel global warming atau artikel pemanasan global pada umumnya. Yuk kita pelajari bersama

Global Warming

Global warming is the increase in the earth's temperature caused by the greenhouse effect. What is the greenhouse effect? The greenhouse effect is the effect of gas-generated withstanding the sunlight in order to stay on the earth and not having radiation into space. The greenhouse effect is very useful for human life in the earth. If there is no greenhouse effect, the earth will be very cold. 

Which are included in the greenhouse gases? The most influential greenhouse gases are carbon dioxide, methane and nitrous oxide, while other gases are much less influential.  The greenhouse effect occurs naturally in the earth. But if the amount of greenhouse gases exceeds the normal limit, the earth's temperature will also increase. it is called the Global warming. The earth's temperature increases due to the heat received which cannot be radiated back into the space.  Consequently the temperature of the earth is getting warmer and the world climate changes.

Greenhouse gases which cause global warming is produced by burning fossil fuels that are used in various industries such normally human life and transportation. If we ignore the increase of earth's temperature, the whole ice on earth will melt. Consequently the sea levels rise. This phenomenon is very dangerous because it can cause the earth surface changes.

To overcome the global warming, greenhouse emissions must be reduced or eliminated. Therefore, it needs to look for an alternative fuel which is friendly environment and non-emit greenhouse gases.

Pemanasan global adalah peningkatan suhu bumi yang disebabkan oleh efek rumah kaca. Apakah yang dimaksud efek rumah kaca? Efek rumah kaca adalah efek dari gas yang dihasilkan untuk menahan sinar matahari agar tetap di bumi dan tidak memancarkan radiasi ke ruang angkasa. Efek rumah kaca ini sangat berguna bagi kehidupan manusia di bumi. Karena jika tidak ada efek rumah kaca, bumi akan menjadi sangat dingin. 
Lantas apa saja yang termasuk dalam gas rumah kaca? Gas rumah kaca yang paling berpengaruh adalah karbon dioksida, metana dan dinitrogen oksida, sedangkan gas lainnya tidak terlalu berpengaruh. Efek rumah kaca terjadi secara alami di bumi. Tetapi jika jumlah gas rumah kaca melebihi batas normal, suhu bumi juga akan meningkat. Fenomena tersebut biasa disebut pemanasan global. Peningkatan suhu bumi karena panas yang diterima yang tidak dapat diradiasikan kembali ke ruang. Akibatnya suhu bumi menjadi lebih panas dan iklim dunia akan berubah. 
Gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global diproduksi oleh pembakaran bahan bakar yang digunakan dalam berbagai industri seperti kehidupan manusia pada umumnya dan transportasi. Jika kita mengabaikan peningkatan suhu bumi, seluruh es di bumi akan mencair. Akibatnya permukaan air laut naik. Fenomena ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan perubahan permukaan bumi. 
Untuk mengatasi pemanasan global, emisi gas rumah kaca harus dikurangi atau dihilangkan. Oleh karena itu, perlu mencari bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan emisi gas rumah kaca. 

Contoh Explanation Text about Rainbow

Everyone has been familiar what rainbow is. But do you know how the process of it is? Rainbow is a natural phenomenon which occurs with a very interesting physics processes to be observed. So here will be described how the process of rainbow occurs.
Rainbow is a big arc spectrum which occurs due to the reflection of sunlight by water grains. Rainbow is an optical and meteorological phenomenon in the form of multi-colored light that seems parallel to each other in the sky or other medium. Rainbow appears as an arc light with a tip leads to the horizon in a light rain. It can also be seen around a raging waterfall. 
Rainbow usually occurs when the air is very hot and the rain drops lightly. We can see the phenomenon clearly if we stand against the sunlight. Rainbow can also be formed by foggy air of frosted.
In physics, a rainbow can be explained as a natural refraction event. Refraction is the process of decomposition of a specific color into another color (red: the color spectrum) through a specific media.
The process of color decomposition occurs when the white sunlight breaks down into a spectrum of colors through rainwater. The spectrum of colors which occur consist of violet, red, indigo, blue, green, yellow, and orange. Rainbow phenomenon can also occur around the waterfall. The splash water around the fall becomes the media to decipher the colors and sunlight to make a rainbow.

Semua orang telah familar dengan pelangi. Tapi apakah Anda tahu bagaimana proses terjadinya pelangi? Pelangi adalah fenomena alam yang terjadi dengan proses fisika yang sangat menarik untuk diamati. Jadi di sini akan dijelaskan bagaimana proses pelangi terjadi. 
Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan atau pantulan sinar matahari yang disebabkan oleh butiran air. Pelangi adalah gejala optik dan meteorologi yang berupa cahaya aneka warna yang tampak sejajar satu sama lain di langit atau media lainnya. Pelangi tampak sebagai cahaya busur dengan ujungnya mengarah ke cakrawala atau horizon di saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras. 
Pelangi biasanya terjadi ketika udara sangat panas dan hujan turun ringan. kita dapat menyaksikan fenomena ini dengan jelas apabila kita berdiri berlawanan dengan sinar matahari. Pelangi juga dapat terbentuk karena udara berkabut atau berembun.
Dalam ilmu Fisika, pelangi dapat dijelaskan sebagai peristiwa refraksi alami. Refraksi adalah proses penguraian warna tertentu menjadi warna lain (baca: spektrum warna) melalui media tertentu. 
Proses penguraian warna terjadi ketika sinar matahari yang berwarna putih terurai menjadi spektrum warna melalui air hujan. Spektrum warna yang terjadi terdiri dari violet, merah, nila, biru, hijau, kuning, dan orange. Fenomena pelangi juga bisa terjadi di sekitar air terjun. Percikan air di sekitar air terjun menjadi media untuk menguraikan warna dan sinar matahari untuk membuat pelangi.

Nah itu tadi adalah contoh explanation text tentang global warming dan pelangi (rainbow). Silakan baca juga artikel kami lainnya di blog kami semoga bermanfaat terimakasih.
Contoh Explanation Text Tentang Global Warming dan Rainbow Terbaru | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment