Pengertian Dan Contoh Recount text Tentang Liburan Terbaru beserta Artinya

Pengertian Dan Contoh recount text tentang liburan - Cerita tentang liburan dalam bahasa Inggris tentunya menjadi topik yang sangat diminati oleh siswa setelah melewati libur sekolah. Baik digunakan sebagai referensi pembuatan cerita liburan dalam bahasa Inggris. Sebenarnya tidaklah sulit untuk menyusun suatu cerita dalam bahasa Inggris. Asalkan kita tahu susunan pembuatannya (generic structure) saja sehingga alur ceritanya teratur, fokus sesuai dengan kronologi kejadiannya dan tentunya membuat cerita tersebut menarik untuk diikuti. Perlu kita ketahui cerita liburan ini masuk dalam kategori recount text. Jadi untuk membuat cerita liburan sama halnya kita membuat contoh recount text tentang liburan. Lantas bagaimana cara membuat contoh recount text tentang liburan yang baik dan benar sesuai dengan generic structurenya? Berikut ini akan saya jelaskan secara sederhana generic structure dari recount text.

Contoh recount text tentang liburan
Contoh Recount text Tentang Liburan

1. Orientation - pada paragraf pertama dikenal dengan orientation atau perkenalan. Apa saja sih yang dikenalkan? Yup, dalam memperkenalkan cerita, kita perlu memperkenalkan tiga W (who, where, and when). Who - siapa tokoh utama dalam cerita tersebut? Where - dimana peristiwa tersebut terjadi? When - kapan cerita tersebut terjadi? Triple W ini yang akan kita perkenalkan dalam paragraf pertama, atau biasa disebut orientation.
2. Sequence of events - Setelah perkenalan, baru kita akan menceritakan rangkaian peristiwa yang terjadi selama kita berlibur. Perlu diperhatikan, dalam menyusun rangkaian peristiwa ini harus sesuai dengan urutan waktu kejadian. Misalnya kita berlibur selama satu minggu dan dimulai pada hari minggu, jadi alur ceritanya akan berurutan dari hari minggu, senin, selasa dst. Dan tentunya kalian boleh menceritakan kejadian - kejadian yang kalian anggap penting, bisa berupa pengalaman lucu, menyenangkan, menyedihkan dll. Intinya sesuai denga kreatifitas kalian.
3. Re-orientation - Paragraf satu ini hanyalah tambahan, jadi kalian boleh menyantumkannya atau tidak. Dalam re-orientation isinya hanya sebuah penutup dari cerita, bisa jadi berupa pendapat kalian tentang liburan, apakah menyenangkan, menyedihkan, lucu dll. Ungkapkan apa yang kalian rasakan dalam liburan kalian.
4. Perlu diingat, dalam menyusun contoh recount text pasti selalu menggunakan PAST TENSE. Karena ceritanya telah terjadi.

Nah, berikut ini adalah contoh recount text tentang liburan yang bisa menjadi referensi kalian dalam menyusun contoh cerita liburan dalam bahasa Inggris pendek dan singkat. SIlakan disimak ya.

Contoh recount text tentang liburan beserta artinya

Orientation
My friends and I decided to visit Bali on our school holiday last month. There were a lot of places to see in there. Because we never went to Bali before, we joined the tours to see as much as possible. My friends and I stayed in one of hotel in Kuta on arrival.
Sequence of events
In Kuta beach, we spent our two days by surfing and swimming. Fikri, one of my friends tried to sunbathe as if he were a foreigner. We really enjoyed our time there. On the next day, we were ready to visit the other place listed by the tour guide. the first place we visited was SIngaraja. Singaraja is a city of about 95 thousands people. It is a busy city but quiet town. The street are lined with trees adn ther are a lot of old Dutch houses. We learnt about history of SIngaraja there. Then we returned very late to the hotel. We went to bed to regain our stamina.

Our last tour destination was Ubud. There were a lot of art and craft in Ubud. The first stop was at Batu bulan, a center of stone sclupture. We watched young boys were carving away at big block of stone. The next place we visited was Celuk, a center for silversmiths and goldensmiths. After that, we had a lunch at Sukawati and continued touring to Mass, a tourist center. We bought some souvenirs in there.
Re-orientation
Our holiday ended very quickly. Beside visiting some places, all our days were spent on the beach. We went sailing or surfboarding every day. We really enjoyed our holiday in Bali.

Contoh recount text holiday beserta artinya

Saya dan teman-teman memutuskan untuk mengunjungi Bali pada liburan sekolah kami bulan lalu. Ada banyak tempat untuk dikunjungi di sana. Karena kita tidak pernah pergi ke Bali sebelumnya, kita bergabung dengan tur guide untuk mengunjungi tempat wisata sebanyak mungkin.kami tinggal di salah satu hotel di Kuta.
Di Pantai Kuta, kami menghabiskan hari-hari kami dengan berselancar dan berenang. Fikri, salah satu teman saya mencoba untuk berjemur seolah-olah ia turis mancanegara. Kami benar-benar menikmati waktu kami di sana. Pada keesokan harinya, kami sudah siap untuk mengunjungi tempat lain yang sudah terjadwal oleh pemandu wisata. tempat pertama yang dikunjungi adalah SIngaraja. Singaraja adalah sebuah kota sekitar 95 ribuan penduduk.  Singaraja adalah kota yang sibuk tetapi kota sangat tenang. Jalan berjajar dengan pohon-pohon dan ada banyak sekali rumah tua peninggalan Belanda. Kita belajar tentang sejarah Singaraja di sana. Kemudian kami kembali ke hotel larut malam. Kami pergi ke tempat tidur untuk memulihkan stamina kami.
Tujuan wisata kami terakhir adalah Ubud. Ada banyak karya seni dan kerajinan di Ubud. Pemberhentian pertama pada Batu bulan, Pusat patung batu. Kami melihat anak laki-laki yang sedang mengukir pada batu ukuran sangat besar. Tempat berikutnya kami mengunjungi adalah Celuk, Pusat pengrajin perak dan emas. Setelah itu, kami telah makan siang di Sukawati dan melanjutkan tur ke Mass, pusat pariwisata. Kami membeli beberapa souvenir di sana.
Liburan kami berakhir dengan sangat cepat. Selain mengunjungi beberapa tempat, hari-hari kami banyak dihabiskan di pantai. Kami pergi berlayar atau menyelam setiap hari. Kami benar-benar menikmati liburan kami di Bali.
Nah itu tadi contoh recount text tentang liburan (holiday) yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa baca juga artikel lainnya di blog kami disini: Cara belajar bahasa Inggris oke. Terimakasih.
Pengertian Dan Contoh Recount text Tentang Liburan Terbaru beserta Artinya | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment