8 Contoh Procedure Text Singkat tentang Makanan Terbaik

Contoh procedure text singkat tentang makanan - Procedure text adalah teks yang menjelaskan tentang cara-cara melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris. Ada beberapa hal yang perlu dipahami apabila kalian ingin menyusun contoh procedure text dalam bahasa Inggris. Salah satunya adalah generic structurenya. Karena untuk menyusun teks yang baik dan benar perlu adanya aturan dan susunan yang harus diikuti. Berikut ini akan saya jelaskan secara sederhana generic structure procedure text.

Generic structure Procedure Text

Ada tiga generic structure dari procedure text

1. Goal - Tujuan. Dalam procedure text, goal adalah paragraf atau kalimat pembuka yang berisi tentang tujuan dari procedure text apa yang akan kita bahas. Misalnya tentang cara memperbaiki baterai hp smartphone yang cepat habis. kalian bisa menggunakan kalimat berikut ini. "Hi my friend, Nowadays, smartphone has already been a must tool we have. But there is a problem usually we face when using smartphone. That is a lowering battery in a short time used. And don't worry about it. I have tips how to save your smartphone battery...". Intinya adalah kalimat pembuka yang menjelaskan tujuan dibuatnya procedure text tersebut.
 Contoh Procedure Text Singkat tentang Makanan Terbaik
image source: arragilcs.blogspot.com

2. Material / Ingredient / Equipment - Sebenarnya dalam poin ini bersifat addition saja (tambahan). Ada sebagian prosedure teks yang mencantumkan material atau ingredient seperti cara membuat makanan. Atau menggunakan equiptment (peralatan) dalam cara memperbaiki sepeda / komputer dll. Intinya adalah apabila kalian merasa perlu mencantumkannya, ya cantumkan.

3. Steps - Langkah-langkah - Nah pada poin inilah sebenarnya procedure text perlu menjelaskan secara detail langkah pembuatan sesuatu. Dalam Steps atau langkah-langkah, kita harus menggunakan kalimat perintah (imperative sentence). Baca artikel kalimat perintah dalam bahasa Inggris disini ya.

Dalam artikel ini, saya akan memberikan contoh procedure text singkat tentang makanan dalam bahasa Inggris. Pada dasarnya, dalam procedure text tidak hanya membahas cara membuat makanan saja lho. Kalian bisa saja membuat cara melakukan sesuatu yang lain. Misal, tutorial memakai hijab syar'i, cara mengoperasikan komputer, cara memperbaiki handphone, cara membuat email, cara membuat akun instagram, path, dan masih banyak sekali ide yang bisa kalian gunakan dalam menyusun contoh procedure text.

Namun, kali ini saya akan memberikan contoh procedure text tentang makanan saja dulu ya. Untuk contoh yang lainnya, akan saya berikan di artikel yang berbeda. Langsung saja kita simak bersama yuk.

Kumpulan Contoh Procedure Text Singkat tentang Makanan Terbaik

Contoh procedure text how to make brownies

Brownies, tentu setiap dari kita mengenal kue brownies dan kue lainnya. Nah bagi kalian yang ingin mencoba membuat, atau sekedar mengetahui langkah cara pembuatannya, silakan baca artikelnya cara membuat brownies dan donat dalam bahasa Inggris

Contoh procedure text aneka minuman dalam bahasa Inggris

Ada banyak sekali contoh minuman yang dibahas dalam artikel ini, ada teh tarik, orange juice, avocado juice, expresso coffee, ice cream. Bagi kalian yang penasaran langsung saja deh baca artikelnya disini aneka resep minuman dalam bahasa Inggris dan cara membuatnya

Contoh procedure text how to make fried rice

Dalam teks tersebut, akan dijelaskan langkah-langkah cara membuat nasi goreng iga sapi, beserta bahan-bahan (ingredient) yang digunakan. Silakan baca contohnya disini ya..

Contoh procedure text how to make fried banana
Sebenarnya procedure teks ini sangat sederhana, karena hanya akan membahas cara menggoreng pisang. Namun ada yang menarik dari contoh berikut ini, karena bukan hanya menggoreng pisang biasa. Dalam artikel ini kalian akan diajarkan cara membuat pisang goreng keju coklat nyam nyam. baca disini ya..

Cara membuat mie goreng dalam bahasa Inggris

Mie goreng adalah menu favorite bagi masyarakat Indonesia, karena cara pembuatannya yang praktis dan relatif mudah dilakukan oleh semua kalangan. Namun bagaimana kalau kita disuruh menjelaskan langkah pembuatan mie goreng dalam bahasa Inggris? Yakin sudah bisa? Nih saya kasih contoh langkah-langkah pembuatan mie goreng dalam bahasa Inggris.

Nah itulah kumpulan contoh procedure text singkat tentang makanan yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat ya. Terimakasih.
8 Contoh Procedure Text Singkat tentang Makanan Terbaik | Unknown | 5

0 comments:

Post a Comment